Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh

Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh - Hay berjumpa lagi sahabat setia ATC Arul Ajeh, Pada Artikel kali ini dengan judul Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh, kami telah menyiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel Artikel Web Programming, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh
link : Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh

Baca juga


Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh

Minimalis merupakan konsep desain di mana Anda membangun interface yang hanya memuat elemen-elemen yang paling penting dalam sebuah aplikasi atau website. Desain yang menggunakan gaya ini memiliki kesan tampilan yang bersih dan intuitif bagi pengguna. Gaya minimalis diadopsi dari dunia fashion dan kini banyak digunakan pada sebagian besar website modern.

Pada artikel ini, saya ingin berbagi beberapa tips desain untuk membangun user interface yang minimalis. Sebuah desain web yang berantakan menimbulkan rasa tidak nyaman di mata kebanyakan pengunjungnya. Terlalu banyak informasi yang berlebihan hanya akan membuat pengguna bosan. Tetapi dengan keseimbangan yang tepat Anda dapat membuat sebuah user interface yang luar biasa dan lebih mudah digunakan.

Rencana Kebutuhan

Ketika merancang sebuah mockup untuk layout website, pastikan untuk merencanakan setiap elemen yang akan ditampilkan di dalamnya. Sebuah interface yang bersih dan minimalis dapat meluangkan white space yang lebih banyak jika memang bermanfaat untuk mempermudah penggunanya.
Anda bisa mencoba membuat sketsa untuk menentukan komponen website yang harus ditampilkan. Tanyakan pada diri Anda apakah sebuah komponen benar-benar diperlukan dalam desain tersebut. Apakah Anda membutuhkan sebuah sidebar pada homepage?Apakah bagian tersebut harus memuat link-link yang memudahkan pengguna dalam menjelajahi website Anda? Tidak ada jawaban benar atau salah karena setiap website memiliki kebutuhan yang bermacam-macam.

Anda harus peka terhadap setiap elemen website, mana yang dirasa perlu dan mana yang tidak. Hal ini akan membuat membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Setiap elemen website, sekecil apapun itu harus masuk ke dalam perhitungan yang jeli.

Memanfaatkan Warna Dasar

Metode ini bukan merupakan langkah yang terlalu penting untuk diikuti tetapi setidaknya bisa membantu Anda dalam fase awal sebuah desain. Jika Anda memperhatikan website-website lain yang menggunakan gaya clean dan minimalis, Anda akan menemukan kebanyakan dari website tersebut menggunakan skema warna tertentu. Hitam, putih, dan abu-abu sangat umum digunakan dengan tambahan 1 atau 2 warna lainnya.
Ketika Anda mulai merancang atau bahkan dalam tahap wireframing, penggunaan skema warna yang sederhana dapat menghasilkan lebih banyak ruang untuk menambahkan fokus pada konten. Anda dapat mengubah atau menambahkan warna baru di kemudian hari, tetapi memusatkan perhatian pada interface yang bersih akan menunjukkan kesan profesional.

Gunakan Navigasi yang Sederhana

Kesederhanaan sangat berkaitan dengan konsep desain yang bersih dan minimalis. Pastikan semua teks pada halaman cukup besar dan mudah dibaca dari jarak yang jauh.

Link navigasi pada website juga harus sangat jelas dan mudah dipahami dengan hanya membacanya sekilas. Anda bisa menggunakan gaya tambahan seperti tab, toolbar, ataupun dropdown untuk navigasi tersebut. Gunakan sedikit warna atau tekstur tambahan sekadar untuk menambah estetika.

Hilangkan Bagian-bagian yang Berlebihan

Anda mungkin menemukan elemen yang ditempatkan secara berulang pada beberapa bagian dalam layout website. Dalam beberapa kasus, penggunaan elemen secara berulang dengan penempatan yang efektif akan bermanfaat bagi pengguna.
Tetapi terkadang ruang layout pada website Anda cenderung sempit dan tidak cukup untuk menampung banyak konten. Jika seperti ini,  Anda harus menampilkan elemen yang berbeda pada setiap bagian layout. Menyaring fitur-fitur yang berlebihan dan menggantinya dengan yang lebih bermanfaat akan menghadirkan pengalaman baru yang lebih nyaman pengunjung.
Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda yang sedang mencoba menggunakan gaya minimalis. Merancang antarmuka pengguna yang bersih sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda harus menempatkan diri sebagai pengguna dan melihat website Anda dari perspektif mereka. Mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu sebelum Anda menemukan ide yang paling efektif untuk desain minimalis, tetapi saya yakin hasilnya sebanding dengan usaha Anda tersebut.
Sumber: http://webdesignledger.com


Selesai deh Artikel Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh

Sekian dulu ya artikel Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh kali ini, Semoga bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Oke, sampai berjumpa lagi di artikel lainnya.

Anda saat ini membaca artikel Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh dengan url https://advancedteamcode.blogspot.com/2014/04/tips-mendesain-website-dengan-gaya.html

0 Response to "Tips Mendesain Website dengan Gaya MinimalisBy Arul Ajeh"

Post a Comment