Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh

Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh - Hay berjumpa lagi sahabat setia ATC Arul Ajeh, Pada Artikel kali ini dengan judul Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh, kami telah menyiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel Artikel tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh
link : Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh

Baca juga


Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh














Bagi orang yang berkepentingan didunia IT, mungkun sudah tidak asing lagi dengan yang namanya XAMPP, sebagai web server local di komputer. xampp memiliki default hostname “localhost” yang bisa diakses dibrowser.

Kadang bagi saya yang berkecimpung di dunia engineer sebagai pengembang web merasa bosan dengan hostname default, saya ingin merubah hostname default dengan hostname yang saya inginkan, atau misalkan disesuaikan dengan projek yang dikerjakan.

Untungnya apache dalam xampp memiliki fitur virtual host yang dapat merubah hostname atau menambah beberapa domain seperti halnya mesin web hosting. Jadi tidak hanya localhost yang kita bisa akses, contohnya hostname ditambah menjadi “sikpmi.com”, “laravel.dev”. dan bebas terserah.

Mengedit file host
Hal yang pertama yang harus dilakukan yaitu mengedit file host. File host ini berada pada direktori C:Windows\system32\drivers\etc\hosts untuk mengeditnya bisa menggunaka notepad atau text editor lainnya seperti notepad++, sublime dan masih banyak.
Kemudian tambahkan kode seperti ini :
127.0.0.1               laravel.dev
jangan lupa save file tersebut.

Mempersiapkan Folder
Jika default XAMPP kita instal di direktori C:xampp/, maka kita buat folder baru dengan nama virtual site. folder baru ini berada didalam folder xampp, untuk keberadaan folder virtual site ini, bisa di dalam folder htdocs juga bisa di luar folder htdocs, sesuaikan saja.

Mengedit file konfigurasi apache
Tahap selanjutnya kita harus mengedit file  httpd-vhosts.conf  yang berada di C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-vhosts.conf . buka file tersebut, alangkah baiknya menggunakan text editor seperti notepad++ agar kode tidak acak-acak.an.
perhatikan kode dibawah ini. File tersebut telah dilsertai dengan 2 contoh konfigurasi dasar untuk membuat virtual host. Untuk mempermudak kita langsung copy paste saja salah satu contoh kode konfigurasi dan hapus tanda # didepannya.




image

setelah di copy paste, kita rubah
DocumentRoot  “C:/xampp/virtualsite
ServerName laravel.dev
ErrorLog “logs/laravel.dev-error.log”
CustomLog “logs/laravel.dev-acces.log” common

hal yang harus dilakukan telah selesai, sekarang coba testing dengan mengaksesnya di browser dengan URL laravel.dev


Selesai deh Artikel Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh

Sekian dulu ya artikel Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh kali ini, Semoga bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Oke, sampai berjumpa lagi di artikel lainnya.

Anda saat ini membaca artikel Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh dengan url https://advancedteamcode.blogspot.com/2016/08/virtual-host-dengan-xampp-di-windows-by.html

0 Response to "Virtual host dengan XAMPP di windows By Arul Ajeh"

Post a Comment